20 May
Impor Puluhan Ribu Ton Gula, Bulog: Stok Cukup Hingga Lebaran

18 Mei 2020, 18:30:50 WIB

JawaPos.com – Pemenuhan kebutuhan pangan di tengah pandemi Covid-19 menjadi prioritas pemerintah. Untuk komoditas gula, Badan Urusan Logistik (Bulog) mengungkapkan bahwa hingga lebaran stok gula tercukupi.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi menuturkan, pihaknya akan melakukan penyerapan impor sebanyak 50 ribu ton untuk disalurkan kepada masyarakat. Sebanyak 21.800 ton gula pun telah masuk melalui pelabuhan Tanjung Priok pada 5 Mei lalu dan telah didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Meski terbilang jumlahnya sedikit, ia mengatakan bahwa stok tersebut masih cukup untuk dikonsumsi hingga lebaran. “Memang dari kebutuhan kan 250 ribu ton, kita kuota hanya 50 ribu. Sekarang masuk 21.800 udah masuk lewat Tanjung Priok. InsyaAllah lebaran cukup,” kata dia dalam telekonferensi pers, Senin (18/5).

Adapun, gula tersebut diimpor dari India. Di mana, saat ini keran impor agak terhambat karena beberapa negara seperti India menerapkan kebijakan lockdown.

Maka dari itu, BUMN yang mendapat penugasan impor gula, yakni PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) diharapkan dapat merealisasikan impor tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Mudah-mudahan teman-teman BUMN lain seperti PT RNI, PT PPI ini segera juga masuk karena mereka juga punya kuota yang sama, yang jelas untuk lebaran sudah kami pasok 21.800 ton, jadi cukup,” tutupnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking

(Sumber : jawapos.com)